Apa itu CPL dan Bagaimana Menghitungnya

Diterbitkan: 2022-04-12

Untuk menilai efisiensi kampanye pemasaran, pemasar menggunakan berbagai metrik. Beberapa berfokus secara eksklusif pada pengeluaran, yang lain pada pendapatan, dan lainnya pada laba atas investasi pemasaran (ROI) — rasio pendapatan terhadap pengeluaran.

Dalam artikel ini, kami membahas biaya per prospek (CPL) — salah satu indikator kinerja yang paling berguna dan menarik — dan model periklanan berdasarkan itu. Mari kita lihat cara menghitung biaya prospek yang tertarik dan melihat bisnis mana yang harus melakukannya.

Daftar Isi

  • Apa definisi dari KPL?
  • Bagaimana cara menghitung CPL
  • Apa itu model CPL?
  • Siapa yang membutuhkan model CPL?
  • Kesimpulan

Apa definisi dari KPL?

Definisi CPL adalah metrik yang digunakan untuk menilai efisiensi pemasaran online. Ini menunjukkan berapa banyak pengiklan membayar untuk menarik satu prospek pada saluran iklan tertentu.

Prospek adalah pengguna yang telah memberikan informasi kontak. Mereka mungkin memberikan nomor telepon, email, atau profil media sosial saat pendaftaran, mengisi formulir di situs, memesan panggilan balik, mengunduh materi yang berguna, dll. Informasi ini dapat digunakan untuk menghubungi pengguna dan menjual barang atau jasa.

Baca juga: Pilihan indikator kinerja utama yang sesuai dengan sebagian besar perusahaan dan tanpanya pemasaran digital dan analisis web kehilangan maknanya

BACA ARTIKEL

Bagaimana cara menghitung CPL

CPL menunjukkan rasio pengeluaran untuk saluran tertentu dengan jumlah total prospek yang dibawa saluran ini selama periode tertentu.

Rumus untuk menghitung biaya lead adalah sebagai berikut:

rumus CPL

Misalnya, Anda menghabiskan $1000 untuk kampanye iklan di Google Ads. Kampanye ini membawa 700 prospek ke situs. Dalam hal ini, biaya lead adalah $1000 / 750 lead = $1,33 per lead.

Mengetahui CPL, Anda dapat mengevaluasi keefektifan kampanye ini dan melakukan penyesuaian tepat waktu: naikkan anggaran jika kampanye menguntungkan atau matikan tayangan jika tidak menguntungkan.

Untuk menghitung biaya lead:

  • Siapkan sasaran di Google Analytics dan aktifkan Enhanced E-commerce.
  • Impor biaya dari sumber iklan ke Google Analytics.
  • Sertakan data pelacakan panggilan jika Anda menggunakan panggilan umpan balik di situs Anda.

Untuk menyederhanakan dan mengotomatisasi perhitungan CPL, Anda dapat menggunakan OWOX BI. Layanan ini mengumpulkan informasi dari situs web Anda, Google Analytics, layanan periklanan online, sistem pelacakan panggilan, buletin email, dan sistem CRM. Dengan OWOX BI, Anda tidak perlu mencari konektor atau membersihkan dan memproses data. Anda cukup menerima kumpulan data yang sudah jadi dalam struktur yang mudah dipahami dan nyaman.

COBA OWOX BI GRATIS

Apa itu model CPL?

CPL adalah model pemasaran afiliasi di mana pengiklan membayar untuk informasi kontak seseorang. Berbeda dengan model CPA, dengan CPL, bisnis mendapatkan pengguna yang tidak hanya melakukan tindakan target tetapi berpotensi tertarik untuk membeli.

Ada dua jenis iklan CPL: single opt-in dan double opt-in.

SOI (pilihan tunggal)

Untuk tujuan iklan SOI CPL, prospek adalah setiap pengguna yang meninggalkan informasi kontak — dengan kata lain, setiap pengguna yang melakukan satu tindakan.

Karakteristik utama dari model SOI:

  • TAds biasanya memiliki beberapa transisi dan tingkat konversi yang tinggi.
  • Anda dapat menguji variasi iklan, judul, halaman arahan, dll. di berbagai audiens, bahkan dengan anggaran terbatas.
  • Prospek yang menarik bisa jadi berkualitas rendah. Misalnya, pengguna mungkin memasukkan alamat email atau nomor telepon yang salah. Akibatnya, tidak mungkin untuk menghubungi mereka.
  • Karena hasil yang tidak terduga dan risiko mendapatkan prospek berkualitas rendah, pembayaran untuk model iklan afiliasi ini biasanya rendah.

DOI (pilihan ganda)

Dengan model ini, pengguna harus melakukan dua tindakan untuk dianggap sebagai prospek: meninggalkan informasi kontak mereka dan mengonfirmasinya dengan mengklik tautan di email, misalnya.

Karakteristik utama dari model DOI:

  • Prospek yang diterima pengiklan menggunakan model ini memiliki kualitas yang lebih baik daripada yang diterima menggunakan SOI. Pimpinan DOI lebih cenderung menjawab panggilan balik atau email dan melakukan pembelian.
  • Prospek berkualitas lebih tinggi berarti pembayaran yang lebih tinggi.

Siapa yang membutuhkan model CPL?

Model CPL paling sering digunakan oleh proyek B2B, perusahaan dengan siklus penjualan yang panjang dan barang mahal (real estat, mobil, elektronik besar dan peralatan rumah tangga, dll.), serta perusahaan di sektor jasa. Model ini relevan untuk semua bisnis yang perlu mendapatkan informasi kontak untuk pekerjaan lebih lanjut dengan klien potensial atau untuk menyelesaikan transaksi.

Di vertikal mana model CPL digunakan?

Vertikal dalam arbitrase lalu lintas berarti kategori produk, sumber lalu lintas, materi iklan, metode, dan pendekatan yang digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan.

Model CPL sangat relevan untuk vertikal berikut:

  • Perbankan dan keuangan. Pembuatan prospek di vertikal ini lebih sulit daripada pembuatan prospek di vertikal lain, dan karena alasan ini, biayanya lebih tinggi daripada di vertikal lain.
  • Kecantikan dan kesehatan. Ketika pengguna memesan prosedur spa, misalnya, mereka biasanya ingin mengklarifikasi waktu, biaya, dan detail lainnya, sehingga mereka rela meninggalkan informasi kontak.
  • Undian. Untuk berpartisipasi dalam undian dari toko online, sekolah online, dan organisasi lain, pengguna sering kali perlu memberikan nomor telepon atau email.
  • Aplikasi dan situs kencan.

Kesimpulan

Berapa CPL yang optimal? Dengan sendirinya, angka ini tidak akan menjelaskan apa pun kepada Anda. Anda harus mempertimbangkannya bersama dengan metrik lainnya: RKT iklan, BPK, ukuran cek rata-rata, rasio konversi, LTV (nilai umur pelanggan), dll.

Selain itu, kampanye iklan dengan banyak prospek dan CPL rendah mungkin tidak memberikan hasil yang diinginkan jika Anda memiliki masalah di situs: konten berkualitas rendah, formulir rusak, dan berbagai jenis kesalahan. Oleh karena itu, sebelum meluncurkan iklan CPL, uji halaman arahan Anda, periksa judul, teks, ilustrasi, tombol, dan formulir, dan pastikan semuanya berfungsi dengan benar.

PS Jika Anda memerlukan bantuan untuk mengumpulkan data, menghitung CPL, atau menyiapkan laporan pemasaran, pesan demo OWOX BI. Rekan kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana produk OWOX BI dapat membantu Anda menghitung CPL.

Klien kami
tumbuh 22% lebih cepat

Tumbuh lebih cepat dengan mengukur apa yang paling berhasil dalam pemasaran Anda

Analisis efisiensi pemasaran Anda, temukan area pertumbuhan, tingkatkan ROI

Dapatkan demo