8 Praktik Terbaik Manajemen PPC E-niaga untuk 2023
Diterbitkan: 2023-01-24Jika Anda mensurvei pemasar digital veteran, sebagian besar akan mengatakan bayar per klik (PPC) memberi mereka laba atas investasi dolar terbaik mereka. Pemilik bisnis e-niaga sebaiknya mengikuti apa yang dilakukan para profesional – PPC e-niaga dapat menjadi keuntungan besar bagi bisnis Anda. Masalahnya adalah PPC adalah rodeo. Setiap platform berbeda. Tidak hanya audiens Anda yang berubah, tetapi juga platform itu sendiri. Ketika Anda berpikir Anda telah berhasil, sesuatu berkembang. Manajemen PPC e-niaga di bawah standar dapat mengubah kampanye Anda menjadi tempat pembuangan uang.
Namun, ketika manajemen PPC e-niaga Anda tepat sasaran, pemasaran PPC adalah aset dan mesin pertumbuhan yang luar biasa. Memiliki kemampuan untuk melacak dan menjangkau pelanggan potensial secara akurat sepadan dengan biaya tambahan. Banyak dari biaya tambahan ini lebih berkaitan dengan kurva pembelajaran saat Anda menavigasi platform dan audiens untuk memperpanjang keuntungan Anda. Bagaimana Anda bisa melewati kurva pembelajaran ini dan langsung menuju pengembalian PPC ROI yang lezat?
Jawabannya adalah memanfaatkan aturan keras dan cepat dari praktik terbaik PPC yang, untungnya, adalah platform agnostik. Berikut adalah delapan praktik terbaik manajemen PPC e-niaga yang berfungsi di mana pun Anda menggunakannya.
Praktik Terbaik Manajemen E-niaga PPC
Praktik Terbaik Manajemen PPC E-niaga #1: Mulailah dengan Anggaran, Metrik, dan Sasaran.
Anggaran, metrik, dan sasaran adalah tiga kaki dari bangku manajemen PPC e-niaga Anda. Trifecta ini sangat penting untuk memenangkan kampanye Anda, karena PPC tidak bekerja dengan baik jika Anda memperlakukannya seperti melempar spageti ke dinding untuk melihat apa yang bertahan. Inilah cara menjadi lebih strategis untuk ROI yang lebih tinggi.

Trik dan Tip Anggaran PPC E-niaga
Trik untuk manajemen PPC e-niaga adalah memulai dengan pemahaman menyeluruh tentang:
- Anggaran yang ingin Anda belanjakan
- Metrik yang harus Anda lacak
- Tujuan Anda secara keseluruhan

Di luar ROI yang luar biasa jika dilakukan dengan baik, bisnis e-niaga dan pemasar menyukai PPC karena dibangun sesuai anggaran Anda. Anda memiliki tingkat kontrol yang lebih besar daripada strategi pemasaran dan periklanan tradisional. Anda tidak hanya menetapkan batasan anggaran di awal kampanye, tetapi Anda hanya membayar untuk klik. Manis! Ada juga perincian seputar kontrol anggaran yang bisa terasa sangat tepat (karena memang demikian).
Misalnya, Google Ads dan Bing (Microsoft Advertising) dapat membagi anggaran menjadi:
- Akun
- Kampanye
- Grup iklan
- Iklan
- Kata kunci dan pemirsa
Anda juga dapat memecah kenaikan anggaran ke dalam kategori spesifik ini di platform media sosial. Manfaat dari perincian ini adalah Anda dapat meningkatkan area yang menunjukkan ROI untuk memaksimalkan keuntungan Anda. Ini seperti memeras pasta gigi terakhir dari tabungnya sebelum membuangnya. Anda mendapatkan ROI paling banyak dengan kekhususan seperti ini. Itulah tip besar di sini untuk manajemen PPC e-niaga. Manajemen PPC e-niaga yang efektif bukanlah satu kali tetapi koreksi kursus berkelanjutan untuk memaksimalkan anggaran Anda — yaitu, jika Anda menginginkan ROI tinggi yang memungkinkan.
Metrik Apa yang Harus Saya Ukur pada Kampanye PPC E-niaga saya?
Terlepas dari kerumitan yang melekat dalam manajemen PPC e-niaga, saran terbaiknya sederhana. Saat mengukur metrik, pilih yang penting dan buang sisanya. Tapi di situlah menjadi rumit karena ada satu miliar metrik PPC. Pengukuran telah berkembang pesat di dunia PPC, dan analitik ini rumit tetapi juga sangat berharga sebagai pendorong untuk memaksimalkan dolar Anda.
T: Bagaimana Anda memilih metrik PPC e-niaga yang paling berharga?
J: Metrik mana yang mencerminkan hasil nyata yang ingin Anda capai?
(Tidakkah Anda menyukainya ketika firma pemasaran Anda menjawab pertanyaan Anda dengan sebuah pertanyaan?)
Ada beberapa metrik yang harus Anda pertimbangkan untuk diukur sebagai bagian dari kampanye PPC Anda:
- Biaya Per Klik (BPK)
Ini adalah jumlah yang Anda bayarkan setiap kali seseorang mengklik iklan Anda. - Rasio Klik-Tayang (RKT)
Ini adalah jumlah orang yang mengklik iklan Anda untuk mengetahui lebih lanjut. CTR yang lebih tinggi berarti iklan Anda menarik audiens target Anda. Namun RKT lebih penting saat Anda menggabungkannya dengan konversi. - Tingkat konversi
Ini adalah tembakan uang. Konversi adalah saat konsumen menyelesaikan tindakan yang diinginkan seperti mengisi formulir atau melakukan pembelian. Jika Anda memiliki RKT tinggi tetapi konversi rendah, itu berarti Anda kehilangan sesuatu dalam terjemahan. - Biaya Per Akuisisi (BPA)
Ini adalah total biaya kampanye dibagi dengan jumlah konversi. Metrik ini membantu Anda memahami biaya untuk mendapatkan pelanggan baru. - Laba Atas Belanja Iklan (ROAS)
Metrik ini adalah alat tingkat mikro yang sangat baik untuk vendor e-niaga. Ini melacak rasio pengeluaran dan pendapatan untuk kampanye yang luas dan multifaset. ROAS sering digunakan bersamaan dengan pelacakan ROI. - Pengembalian Investasi (ROI)
Kami telah banyak berbicara tentang ROI di blog ini. ROI adalah ukuran yang lebih luas dari keuntungan yang Anda peroleh dari kampanye dibagi dengan biaya kampanye. Ini matematika sederhana. Apakah Anda menghasilkan lebih dari yang Anda investasikan dalam kampanye ini?

Mengapa metrik ini sangat penting? Anda menerima angka-angka ini secara real time pada kampanye PPC biasa. Manajemen PPC e-commerce real-time memungkinkan Anda mengubah iklan atau jangkauan audiens selama kampanye. Dalam periklanan tradisional, Anda memasang iklan dan menunggu hasilnya. PPC itu hidup dan, seperti bayi, harus dirawat untuk mendapatkan hasil terbaik.
Misalnya, jika Anda membelanjakan $100 untuk kampanye PPC dan menghasilkan pendapatan $500, ROAS Anda akan menjadi 500/100 = 5. Untuk setiap dolar yang Anda belanjakan pada kampanye, Anda menghasilkan pendapatan $5. Ketika bos Anda memeriksa bagaimana kampanye PPC Anda sudah setengah jalan, bukankah ini informasi yang berharga untuk dibagikan?
Atau, jika CTR Anda lebih tinggi dari tingkat konversi Anda, Anda tahu bahwa iklan tersebut cukup menarik perhatian untuk mendapatkan klik-tayang. Namun sasaran Anda adalah konversi, dan itu menandai, jadi Anda perlu:
- Kerjakan ulang dan optimalkan halaman arahan
- Tingkatkan pengalaman pelanggan
- Perbaiki audiens target Anda
- Ubah kata kunci
- Uji salinan iklan atau materi iklan yang berbeda
Metrik penting dalam PPC, tetapi mereka memaafkan karena Anda dapat menyesuaikan saat Anda mengarahkan ulang kampanye yang keluar jalur. Itu sebabnya tim manajemen PPC e-niaga menyukai strategi periklanan ini.
Cara Menetapkan Sasaran Manajemen PPC E-niaga untuk Kampanye Anda
Menetapkan tujuan sangat penting untuk manajemen PPC e-niaga yang tepat. Penetapan tujuan menentukan apa yang ingin Anda capai dan memungkinkan Anda mengukur keberhasilannya. Praktik terbaik yang diterima secara umum untuk penetapan tujuan pada kampanye PPC meliputi:
- Mengidentifikasi audiens target Anda juga membantu menentukan kata kunci dan opsi penargetan iklan Anda.
- Menentukan tujuan Anda, apakah itu prospek, penjualan, lalu lintas situs web — atau yang lainnya.
- Menetapkan metrik untuk ditingkatkan, apakah itu menurunkan CTR atau meningkatkan konversi.
- Menetapkan garis waktu untuk kampanye bersama dengan anggaran.
- Mengevaluasi dan menyesuaikan metrik, audiens, dan hal lainnya untuk memenuhi sasaran ini.

Sasaran manajemen PPC e-niaga atau indikator kinerja utama (KPI) Anda harus selaras dengan metrik yang Anda pilih dan sebaliknya. Jika sasaran Anda tidak selaras dengan metrik Anda, ROI Anda akan menurun.
Sekarang mari kita lihat tautan kedua dalam rantai manajemen PPC e-niaga Anda: Pelacakan konversi.
Praktik Terbaik Manajemen PPC E-niaga #2. Buat Pelacakan Konversi yang Akurat
“Pelacakan konversi” melacak dan mengukur tindakan yang dilakukan pengguna akhir di situs web atau laman landas Anda setelah mengeklik iklan PPC Anda. Nilai pelacakan konversi adalah membantu Anda memahami keseluruhan efektivitas kampanye PPC Anda. Tingkat konversi rata-rata adalah 3,9% di seluruh industri. Tapi itu adalah sindrom pohon tumbang di hutan; jika Anda tidak memiliki cara akurat untuk melacak konversi, Anda tidak akan pernah tahu apakah Anda telah memenuhi hukum rata-rata.
Pelacakan konversi mudah salah. Kurang dari 30% pemasaran Iklan Google memiliki jenis pelacakan konversi yang tepat. Jika angkanya seburuk itu di platform Iklan Google, yang ramah pengguna, angka tersebut mungkin juga tidak bagus di platform lain mana pun.
Untuk menyiapkan tracking konversi, Anda perlu menambahkan kode tracking ke halaman yang dibuka pelanggan saat mereka menyelesaikan tindakan atau konversi yang diinginkan. Kode tersebut disebut piksel konversi, dan itu hanyalah cuplikan kode komputer yang ditempatkan di laman situs web tempat pengguna menyelesaikan tindakan yang diinginkan. Langkah-langkah untuk menyiapkan pelacakan konversi mencakup:
- Tentukan apa yang menandakan konversi atas PPC. Itu bisa berupa pembelian, petunjuk, mendaftar ke webinar atau buletin, mengunduh eBuku, atau yang lainnya.
- Hasilkan kode pelacakan konversi dari platform PPC Anda. (Lebih lanjut tentang itu sebentar lagi).
- Tambahkan kode pelacakan konversi ke halaman situs web yang relevan.
- Uji pelacakan konversi Anda untuk memastikannya berfungsi.
- Pantau data konversi untuk memahami kinerja kampanye PPC Anda dan mengidentifikasi area peningkatan.

Meskipun langkah-langkah ini terdengar sederhana, manajemen PPC e-niaga mengharuskan Anda menyelesaikan langkah-langkah ini di setiap platform tempat Anda berkampanye. Dan — Anda dapat menebaknya — setiap platform berbeda. Berikut adalah beberapa tips tentang platform Iklan Google untuk Anda mulai.
Mendorong Konversi PPC E-niaga untuk Iklan Google
Google PPC memiliki akronimnya sendiri untuk piksel konversi yang dikenal sebagai GCLID atau Google Click IT. Di Google, Anda mengaktifkan pemberian tag otomatis di bawah "pengukuran" di akun Google Ads Anda sehingga Anda dapat melihat apa yang terjadi setelah seseorang mengklik iklan PPC Anda. Kami berharap prosesnya sesederhana kedengarannya kalimat itu, tetapi ternyata tidak.
Menjadi rumit bukan dalam menautkan ke halaman arahan Anda di sisi belakang situs web, tetapi dalam konversi dari platform pihak ketiga lainnya. Setiap sistem pengelolaan prospek akan memiliki langkah unik untuk pelacakan konversi. Selain memberi tahu Google untuk memberi tag pada laman landas Anda yang dilihat pelanggan setelah konversi, Anda juga harus memberi tag pada platform manajemen hubungan pelanggan (CRM) yang menampung prospek yang dikonversi. Jadi, ini adalah proses dua langkah untuk memungkinkan situs web Anda melacak konversi dan mengikat sistem konversi prospek Anda ke dalam metrik.
Klik di sini untuk melihat semua langkah (saat ini) tentang cara menyiapkan tracking konversi di Google Ads.


Praktik Terbaik Manajemen PPC E-niaga #3. Kenali Pemirsa Anda
Praktik terbaik manajemen PPC e-niaga ketiga yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa baik Anda mengenal audiens Anda. (Kecuali jika tujuan PPC Anda adalah untuk membangun kesadaran.) Tujuan Anda adalah untuk menargetkan hanya populasi paling bernilai tinggi yang akan berkonversi dan bukan menjadi browser sekali klik yang terlihat tanpa konversi.
Mulai proses ini dengan menganalisis demografi dan minat orang yang mengeklik iklan Anda. Anda dapat menggunakan alat seperti Google Analytics untuk melihat rentang usia, jenis kelamin, dan lokasi geografis mana yang paling terwakili di antara pengguna Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur “Audiens” di platform periklanan PPC Anda untuk melihat minat dan perilaku mana yang terkait dengan demografi inti Anda.

Cara lain untuk memahami audiens Anda adalah dengan menyegmentasikan kampanye Anda dan menganalisis kinerja setiap segmen pasar. Segmentasi dapat membantu Anda melihat audiens mana yang paling responsif terhadap iklan Anda. Anda kemudian dapat menyesuaikan penargetan Anda.
Anda juga dapat menggunakan pengujian A/B untuk bereksperimen dengan berbagai opsi penargetan dan melihat mana yang berperforma terbaik dengan audiens yang Anda segmentasikan. Pengujian terpisah dapat membantu Anda menyempurnakan penargetan dan menjangkau audiens yang tepat untuk bisnis Anda. Untuk menyiapkan pengujian A/B untuk kampanye PPC Anda, Anda akan membuat dua versi elemen yang ingin Anda uji (dua versi halaman arahan atau iklan, misalnya). Kemudian pilih metrik yang ingin Anda lacak untuk mengukur kesuksesan. Kemudian atur lalu lintas PPC Anda untuk membagi secara merata antara dua versi pengujian yang ditargetkan. Jalankan ini untuk kampanye singkat selama satu atau dua minggu. Setelah pengujian selesai, Anda dapat membandingkan hasil dari kedua versi untuk melihat mana yang berkinerja lebih baik. Anda kemudian dapat menggunakan versi pemenang sebagai salinan kampanye utama Anda yang baru.
Anda mencapai tingkat yang lebih tinggi dalam manajemen PPC e-niaga saat Anda mengetahui audiens yang tepat dan posisi mereka dalam siklus penjualan. Tetapi demografi dan geografi hanyalah bagian dari memahami audiens Anda. Pertimbangkan area tersebut sebagai dasar untuk mengetahui audiens Anda.
Apakah tujuan Anda untuk mendapatkan penjualan? Maka Anda harus cukup tahu tentang audiens target Anda untuk mengenali apakah mereka adalah pemimpin yang dingin atau hangat. Sebagai contoh:
- Audiens Panas
Apakah mereka telah diasuh sampai pada titik di mana mereka siap untuk terjun? Itu audiens yang panas. Jika strategi manajemen PPC e-niaga Anda solid, pelanggan ini akan dikonversi menjadi penjualan. - Penonton Dingin
Jika penonton masih dalam tahap pengambilan keputusan, mereka bersikap dingin atau mungkin suam-suam kuku. Dalam hal ini, kampanye PPC Anda dapat dikonversi dengan eBuku yang dapat diunduh untuk mengedukasi pelanggan ini dan membangun kepercayaan. Setelah audiens ini mengenal Anda sedikit lebih baik, fase kedua dari kampanye ini dapat mencakup upaya untuk mengonversi prospek hangat ini menjadi penjualan.
Sebagian besar bergantung pada siklus penjualan produk atau layanan dalam bisnis e-niaga Anda. Beberapa penjualan e-niaga memiliki landasan yang panjang, terutama jika itu adalah barang mahal. Tugas Anda adalah memahami psikologi siklus penjualan dalam audiens target unik Anda dan memaksimalkannya dengan praktik terbaik manajemen PPC e-niaga.

Praktik Terbaik Manajemen PPC E-niaga #4. Tetap Terkini dengan Tren PPC
Platform PPC berubah dengan kecepatan digital. Facebook adalah salah satu penyebab utama; algoritma mereka hampir terus berkembang. Misalnya, musim panas lalu, langkah besar Google untuk membuang iklan teknologi yang diperluas merupakan masalah besar bagi banyak perusahaan yang telah menggunakan format ini selama bertahun-tahun.
Evolusi PPC (dan SEO, dalam hal ini) yang konstan mengharuskan Anda untuk selalu mengikuti perubahan ini dan menyesuaikan manajemen PPC e-niaga Anda. Ada beberapa cara agar Anda tetap mengikuti perkembangan platform dan kampanye PPC:
- Awasi berita industri dan pembaruan untuk platform PPC Anda. Sebagian besar platform memiliki blog atau buletin yang mencakup pembaruan dan fitur baru.
- Ikuti pakar industri dan pemimpin pemikiran di media sosial atau melalui blog industri. Banyak pakar PPC membagikan wawasan dan pengalaman mereka secara online, yang dapat membantu Anda mengikuti tren dan praktik terbaik terbaru.
- Menghadiri konferensi dan acara industri. Acara ini menawarkan peluang besar untuk belajar dari para ahli dan mendapatkan pengalaman langsung dengan alat dan platform baru.
- Pertimbangkan untuk mengambil kursus atau sertifikasi terbaru di PPC. Program-program ini dapat membantu Anda mempelajari keterampilan baru dan mengikuti perkembangan terbaru di lapangan.
- Eksperimen dan uji fitur baru sendiri. Jangan takut untuk mencoba hal baru dan lihat cara kerjanya untuk bisnis unik Anda. Banyak platform PPC menawarkan berbagai fitur dan alat yang dapat membantu mengoptimalkan kampanye Anda dan menjangkau audiens target Anda dengan lebih efektif.
- Bermitra dengan ahli pemasaran. Cari vendor pihak ketiga dengan rekam jejak yang terbukti dalam nuansa SEO dan PPC yang rumit. Hubungan ini sering membayar sendiri dengan meningkatkan konversi ROI dan pendapatan dalam kampanye PPC Anda.
Platform PPC dapat mengubah aturan, kebijakan, dan algoritme mereka dari waktu ke waktu, tetapi frekuensi perubahan ini bervariasi. Beberapa platform melakukan perubahan kecil secara teratur (Facebook), sementara yang lain hanya melakukan pembaruan besar beberapa kali setiap tahun (Bing).
Sangatlah penting untuk tetap mengikuti peraturan dan kebijakan platform PPC yang Anda gunakan, karena ketidakpatuhan dapat mengakibatkan kinerja iklan Anda menjadi buruk atau bahkan akun PPC ditangguhkan atau tidak disetujui. Pastikan untuk memeriksa pusat bantuan platform atau halaman kebijakan secara teratur, mendaftar untuk peringatan email apa pun, ikuti pakar industri, dan buka mata Anda.
Praktik Terbaik Manajemen PPC E-niaga #5. Penargetan ulang
Penargetan ulang adalah jenis iklan yang memungkinkan Anda menampilkan iklan kepada audiens yang sudah Anda sentuh. Mereka mungkin telah mengklik iklan atau mengunjungi situs web Anda. Penargetan ulang menempatkan cookie di browser prospek, memungkinkan Anda untuk mengikuti mereka dan berbagi iklan bertarget saat mereka menjelajahi situs lain.

Penargetan ulang dalam manajemen PPC e-niaga memungkinkan Anda menampilkan iklan kepada pengguna yang sebelumnya telah mengklik iklan tetapi masih harus menyelesaikan tujuan konversi. Dengan menawarkan iklan target pelanggan potensial ini saat mereka terus menjelajah, Anda dapat membawa mereka kembali ke situs Anda untuk menyelesaikan konversi. Kampanye PPC hanya lengkap dengan tindakan ini.

Statistik manajemen PPC e-niaga menunjukkan:
- Kinerja iklan penargetan ulang sebanyak 10x lebih baik daripada iklan bergambar biasa.
- Tanpa penargetan ulang, lebih dari 90% pengunjung situs web akan pergi dan tidak pernah kembali.
- 70% pemasar menggunakan penargetan ulang untuk membangun kesadaran merek.
- Dengan penargetan ulang, konversi dapat meningkat hingga 150%.
- Pelanggan hampir 70% lebih cenderung berkonversi dengan penargetan ulang.
- Penargetan ulang mengurangi pengabaian keranjang lebih dari 6% dan meningkatkan penjualan online hampir 20%.
Sebagian besar platform PPC menawarkan penargetan ulang untuk memaksimalkan kampanye Anda. Namun, sebelum Anda terjun ke dalam bentuk penguntit pemasaran yang diterima secara umum ini, ketahuilah bahwa upaya ini memerlukan pendekatan strategis untuk menghindari "rasa mulut" negatif bagi prospek Anda.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan pemasaran ulang dalam parameter kebijakan privasi Anda. Anda ingin menambahkan beberapa bahasa yang memberi tahu pengguna akhir bahwa Anda menambahkan kode pemasaran ulang Google Analytics saat pengguna melihat laman tertentu. Anda dapat mengambil bahasa dari halaman Kebijakan Privasi Google, tetapi pastikan Anda menawarkan pelanggan cara untuk menyisih.
Anda juga harus memutuskan kode penargetan ulang mana yang akan Anda gunakan. Ada dua rangkaian kode yang tersedia saat ini yang dapat Anda tambahkan: Satu dari Google Analytics dan satu lagi dari AdWords. Google Analytics memiliki beberapa keuntungan, memungkinkan Anda untuk mengelompokkan upaya pemasaran ulang Anda berdasarkan lokasi geografis dan berapa lama mereka mengunjungi iklan PPC awal Anda. AdWords hanya memungkinkan Anda melakukan segmentasi berdasarkan halaman yang dilihat.
Selanjutnya, Anda harus memutuskan apakah Anda melakukan upaya pemasaran ulang lebih lanjut dengan melakukan pemasaran ulang dinamis. Pemasaran ulang dinamis memungkinkan Anda menampilkan iklan kepada pengunjung situs web sebelumnya yang berisi produk atau layanan tertentu yang mereka lihat di situs Anda. Ini paling sering digunakan dalam manajemen PPC e-niaga daripada pemasaran ulang statis. Iklan pemasaran ulang tradisional bersifat statis, artinya tetap sama dan memiliki pendekatan satu ukuran untuk semua yang tidak cocok untuk e-niaga, terutama penekanan pada beberapa produk atau layanan.
Pemasaran ulang dinamis adalah evolusi terbaru dalam personalisasi iklan konsumen. Manfaat iklan pemasaran ulang dinamis meliputi:
- Kemampuan untuk menampilkan salinan iklan yang berbeda berdasarkan minat konsumen.
- Skalabilitas agar sesuai dengan seluruh inventaris Anda.
- Tingkat konversi lebih tinggi karena personalisasi.
- Loyalitas merek yang lebih besar (juga karena personalisasi).
Penargetan ulang dinamis memiliki jenis praktik terbaik yang sama dengan yang diperlukan iklan statis, tetapi memerlukan lebih banyak waktu karena salinannya berkembang sesuai dengan minat pelanggan potensial Anda. Beberapa praktik terbaik manajemen PPC e-niaga penargetan ulang umum meliputi:
- Menggunakan salinan dan grafik yang jelas, menarik, dan ringkas yang menonjolkan keunggulan produk atau layanan Anda.
- Menggunakan opsi penargetan yang tersedia di platform PPC untuk menampilkan iklan Anda kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat.
- Menguji berbagai materi iklan untuk melihat mana yang berperforma terbaik (pengujian A/B).
- Menggunakan ajakan bertindak (CTA) yang jelas dan menarik yang mudah diikuti.
- Menggunakan daftar pemasaran ulang untuk iklan penelusuran (RLSA) untuk menampilkan iklan bertarget kepada calon pelanggan saat mereka menggunakan penelusuran kata kunci di Google.
- Mengecualikan pemirsa agar tidak melihat iklan Anda, terutama pelanggan yang telah berkonversi atau yang Anda kenal kemungkinan besar tidak akan membeli.
- Menggunakan batas frekuensi untuk membatasi berapa kali iklan Anda ditampilkan kepada satu orang untuk mencegah kejenuhan iklan (dan merusak merek Anda).
Terlepas dari sasaran tindakan konversi Anda, penargetan ulang sangat penting untuk upaya pemasaran ulang Anda. Apakah Anda memilih penargetan ulang statis atau dinamis, pilih salah satu untuk digunakan dengan kampanye PPC Anda. Anda akan dikejutkan oleh peningkatan pembelian dan penjualan sekunder.
Praktik Terbaik Manajemen PPC E-niaga #6. CTA dan Cara Menonjol
Kesalahan terbesar dalam manajemen PPC e-niaga adalah menggunakan ajakan bertindak (CTA) yang sama di seluruh audiens. Penargetan pemirsa modern dengan alat cerdas saat ini memungkinkan Anda untuk menempatkan kesengajaan dan niat yang lebih besar pada iklan, metodologi penargetan, dan CTA.
CTA terbaik di PPC bergantung pada tiga hal:
- Urusanmu
- Audiens Anda
- Sasaran konversi kampanye Anda
Saat memilih CTA, pertimbangkan bahwa bahasa yang Anda pilih terkait erat dengan tindakan yang Anda ingin konsumen lakukan setelah konversi. Anda harus jelas dengan CTA Anda untuk menarik minat dan memandu prospek ke dalam tindakan yang Anda perlukan. Jika iklan harus lebih menarik dan CTA-nya berlumpur, kampanye PPC Anda akan berkinerja buruk.
Ketika datang ke CTA, Anda memiliki banyak pilihan. Sebagai contoh:
- “Beli sekarang” atau “Belanja sekarang” sangat bagus untuk bisnis e-niaga yang ingin berkonversi dengan obral.
- CTA "Pelajari lebih lanjut" atau "Dapatkan lebih banyak informasi" bagus untuk membangun kesadaran merek dan mengedukasi calon pelanggan saat Anda memindahkan mereka dari prospek yang dingin ke prospek yang hangat.
- “Gabung sekarang” atau “Daftar” adalah CTA yang efektif untuk membuat seseorang bergabung dengan milis atau milis.
- “Dapatkan penawaran” atau “Minta konsultasi” bekerja dengan baik untuk kategori bisnis terkait layanan seperti konsultasi.
- "Hubungi kami" atau "Hubungi" adalah CTA yang bagus untuk menjadwalkan konsultasi atau meminta informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan.

Manajemen PPC e-niaga yang sukses mengharuskan Anda untuk menguji CTA seperti yang Anda lakukan pada iklan dan penargetan audiens. Namun, sebelum Anda mulai memilih CTA untuk pengujian, ikuti beberapa praktik terbaik berikut untuk membantu memandu proses pengambilan keputusan Anda:
- Pikirkan tentang audiens Anda dan apa yang memotivasi mereka. Di mana mereka di corong penjualan? Kata dan frasa apa yang selaras dengan kebutuhan, keinginan, dan prioritas pasar sasaran? Populasi yang lebih muda merespons bahasa yang berbeda dibandingkan populasi yang lebih tua. CTA perusahaan berbeda dengan CTA pribadi. Haruskah CTA semuanya tertutup, atau apakah itu terlalu tepat untuk audiens target Anda? Pertimbangan ini harus menjadi bagian dari proses di balik layar untuk memilih bahasa konversi dalam iklan PPC Anda.
- Mulailah dengan tindakan yang diinginkan. Pilih kata kerja tindakan yang kuat yang mendorong pengguna akhir untuk bertindak. Dalam manajemen PPC e-niaga, yang sering kali adalah "beli", "toko", atau "pesan".
- Ciptakan rasa urgensi untuk mendorong pengguna bertindak dan bertindak sekarang. Menggunakan frasa seperti "Penawaran waktu terbatas" atau "Persediaan terbatas" berfungsi dengan baik. Anda dapat memasang penghitung waktu pada iklan PPC yang menunjukkan hitungan mundur hingga diskon berakhir ("Beli sekarang dan hemat"). Bahkan menempatkan tanda seru di akhir CTA adalah cara halus untuk menciptakan urgensi! (Lihat bagaimana kami melakukannya?) Anda mencoba memanfaatkan kecenderungan alami manusia — rasa takut kehilangan hal yang baik.
- Gunakan pidato orang pertama di CTA Anda. Misalnya, "mulai keanggotaan saya" adalah CTA yang lebih baik daripada "mulai keanggotaan Anda". Ini tidak kentara, tetapi pindah ke orang pertama seperti membuat prospek berbicara tentang diri mereka sendiri daripada Anda berbicara dengan mereka. Orang pertama membawa mereka ke dalam iklan dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh pilihan bahasa lain.
- Hindari gesekan dan tempatkan CTA di paro atas. Tolong jangan membuat pelanggan mencari tindakan yang Anda ingin mereka lakukan. Anda dapat menambahkan teks pendukung di sekitar CTA, tetapi permintaan harus terbuka dan mudah dikenali. Ini seperti menyembunyikan nomor telepon Anda di bagian bawah situs web Anda. Mengapa Anda menyembunyikan informasi ini?
- Sertakan nilai tindakan dalam CTA Anda. Misalnya, “Hemat 50% hari ini saja” adalah CTA yang bagus karena dengan jelas menyatakan urgensi dan manfaat dalam satu baris.
- Silakan uji CTA Anda. Perlu disebutkan lagi karena langkah ini sering terlewatkan. Gunakan pengujian A/B untuk membandingkan performa berbagai versi CTAS Anda.
Apa saja CTA paling standar, dan dapatkah Anda meningkatkannya?
Webinar
- Standar: Daftar (umum)
- Lebih baik: Cadangan tempat duduk saya (mempersonalisasikan CTA, menyiratkan kepemilikan)
Keanggotaan
- Standar: Mendaftar (umum)
- Lebih baik: Kirimi saya tip (menyiratkan manfaat mendaftar)
E- commerce e
- Standar: Beli sekarang (umum)
- Lebih baik: Belanja produk X sekarang (dipersonalisasi)
Idealnya, Anda ingin CTA menjadi hal pertama yang dilihat mata saat pengguna akhir membuka iklan Anda. Apa pun CTA Anda, gunakan elemen desain seperti warna, ukuran, dan font untuk menonjolkan CTA Anda. Bermain-main dengan bentuk tombol CTA juga.
Ingat, CTA adalah acara tunggal. Pilihan mungkin bagus bila Anda seorang konsumen tetapi tidak dalam iklan PPC. Terlalu banyak opsi atau lebih dari satu CTA sama dengan friksi yang tidak dibutuhkan pelanggan.

Praktik Terbaik Manajemen PPC E-niaga #7. Diversifikasi Campuran Saluran Anda
Diversifikasi campuran saluran Anda sebagai bagian dari strategi manajemen PPC e-niaga membantu Anda menjangkau pemirsa yang lebih luas dan mencapai hasil yang lebih baik. Beberapa manfaat dari pendekatan ini antara lain sebagai berikut:
- Mengurangi ketergantungan Anda pada saluran tunggal, yang merupakan pendekatan berisiko jika saluran menjadi kurang efektif atau bahkan mengalami masalah teknis.
- Memperoleh data pengujian yang lebih baik dengan mengumpulkan informasi dan pendekatan dari berbagai sumber, pada akhirnya, menggunakannya untuk meningkatkan keseluruhan kampanye Anda.
- Meningkatkan segmentasi pasar Anda dan menjangkau audiens yang lebih luas yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan.
Untuk mendiversifikasi saluran iklan PPC Anda, pertimbangkan hal berikut:
- Identifikasi saluran yang paling relevan dengan bisnis dan audiens target Anda. Tentu, Google Ads selalu menjadi pilihan bagus untuk ecommerce, tetapi ada juga Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, TikTok, Microsoft Ads, dan banyak lagi. Situs komunitas populer Nextdoor memiliki opsi PPC, yang dapat menjadi penting jika Anda menganggap pembeli masih melakukan 90% pembelian dalam jarak 15 mil dari rumah mereka. Spotify bahkan memiliki PPC sekarang, jadi idenya adalah memilih saluran yang semakin jauh jangkauan Anda dengan target pasar Anda. Di mana audiens Anda? Pilih saluran tersebut untuk manajemen PPC e-niaga yang lebih sukses.
- Tetapkan strategi dan sasaran berdasarkan saluran. Apakah tujuannya untuk meningkatkan prospek atau membangun kesadaran? Atau sesuatu yang lain? Mengetahui kekuatan dan kelemahan masing-masing saluran PPC sama pentingnya dengan mengetahui di mana audiens Anda berkumpul. Setiap saluran harus memiliki sasaran metrik kinerja yang Anda pantau dengan cermat untuk mengubah keseluruhan kinerja kampanye Anda.
- Alokasikan anggaran Anda dengan hati-hati untuk setiap saluran. Perhatikan baik-baik metrik penelusuran PC versus biaya per kampanye untuk mendapatkan hasil maksimal dari uang Anda. Misalnya, meskipun Google Ads adalah saluran pencarian paling populer, tahukah Anda bahwa Microsoft Search Network melihat 14,7 miliar pencarian PC setiap bulan? YouTube menjangkau lebih dari dua miliar pengguna yang masuk setiap bulan. Tapi pertanyaan sebenarnya adalah: Apakah audiens Anda merupakan bagian dari angka-angka ini? Setiap saluran memiliki manfaat, kekurangan, dan tentu saja biaya yang berbeda. Pilih dengan bijak berdasarkan preferensi, anggaran, dan strategi audiens Anda.
Dengan mengikuti praktik terbaik manajemen PPC e-niaga ini, Anda dapat mendiversifikasi saluran iklan Anda secara efektif dan meningkatkan kinerja kampanye.
Praktik Terbaik Manajemen PPC E-niaga #8. Mengevaluasi dan Mengubah Strategi
T: Apa kesalahan terburuk Anda dalam kampanye iklan PPC?
J: Lupa tentang itu.
Praktik terbaik manajemen PPC e-niaga nomor satu untuk dibagikan adalah bahwa kampanye Anda aktif. Ini bergerak dengan kecepatan digital, jadi apa yang berfungsi hari ini mungkin tidak berfungsi minggu depan.
Terus pantau dan optimalkan kampanye Anda. Gunakan data yang Anda kumpulkan dan lakukan penyesuaian. Ini satu-satunya cara untuk meningkatkan kinerja Anda secara real time. Sasaran Anda adalah menonjol dari semua penjual e-niaga lain yang mencari bisnis dari audiens target Anda. Itu sulit dilakukan dengan semua keributan internet di luar sana. Untungnya, platform PPC memberi kami banyak alat analitik untuk meningkatkan keseluruhan kampanye saat sedang berjalan.
Tiga pengujian yang harus Anda lakukan saat ini (dan pada setiap kampanye PPC) meliputi:
- Meninjau kinerja kata kunci
Memperhatikan tingkat konversi Anda adalah cara untuk menentukan apakah kata kunci pilihan Anda sebaik yang Anda kira. Anda dapat memeriksanya beberapa minggu setelah kampanye Anda untuk melihat apakah Anda menarik penayangan dan konversi. Cari tab "kata kunci" di platform PPC Anda dan tetapkan parameter waktu seperti "tujuh hari terakhir". Tinjau tayangan versus klik, biaya per klik (BPK), dan konversi untuk melihat apakah kata kunci membantu Anda mencapai sasaran. Ukir kata kunci berkinerja buruk dengan RKPT rendah dan BPK tinggi dan pertimbangkan untuk menggantinya. Gunakan alat seperti Google Ads Keyword Planner untuk menemukan kata kunci target baru. - Nilai rotasi iklan Anda
Setiap bulan (atau penambahan waktu lainnya), Anda harus meninjau data kinerja untuk setiap iklan. Tinjau metrik yang telah Anda pilih dan bandingkan dengan baseline dari bulan sebelumnya. Kemudian bandingkan kinerja setiap iklan satu sama lain. Iklan mana yang mencapai sasaran yang telah Anda tetapkan?
Di AdWords, ada pengaturan otomatis dan manual. Banyak pemasar memilih algoritme otomasi di sini, tetapi ini masih perlu ditinjau. Cara kerjanya sederhana, tetapi ini menambah lapisan kerumitan pada kampanye Anda. Misalnya, Anda dapat memilih “optimalkan klik” sehingga iklan dengan RKT tertinggi akan paling sering ditayangkan. Tapi apakah ini sesuai dengan tujuan kampanye Anda?
Lakukan perubahan sesuai kebutuhan. Jika Anda menggunakan setelan otomatis dan satu iklan secara konsisten mengungguli yang lain, pertimbangkan untuk menjeda iklan berperforma buruk dan meningkatkan anggaran untuk kampanye pemenang. - Uji PPC dan SEO
Praktik terbaik manajemen PPC e-niaga mengharuskan Anda memandang PPC dan SEO sebagai dua sisi mata uang yang sama. SEO memberi Anda wawasan tentang perilaku konsumen utama yang mendorong pendapatan pada kampanye PPC Anda (dengan asumsi itulah tujuan Anda). Jika Anda memiliki dua tim yang menangani area ini, bagikan data kata kunci dan wawasan lainnya untuk membuat perpesanan lebih kohesif dan relevan bagi konsumen Anda.
Untuk menjalankan pengujian PPC dan SEO paralel, Anda dapat:
- Gunakan iklan PPC untuk menguji berbagai kata kunci untuk melihat mana yang paling efektif dalam mengarahkan klik dan konversi. Data ini juga mengoptimalkan SEO dengan menargetkan kata kunci yang paling efektif.
- Uji salinan iklan yang berbeda di PPC dan di halaman arahan Anda, lalu gunakan bahasa itu di tag meta dan di situs web Anda untuk meningkatkan peringkat SEO Anda.
- Uji opsi penargetan PPC seperti geografi atau demografi untuk meningkatkan konversi. Data ini pada gilirannya, dapat mengoptimalkan strategi SEO Anda.
Dengan menguji strategi PPC Anda bersama SEO, Anda dapat mengumpulkan data dan wawasan berharga yang dapat membantu Anda mengoptimalkan keseluruhan strategi pemasaran digital dan praktik terbaik manajemen PPC e-niaga Anda.
Tentang Kegagalan Manajemen PPC E-niaga dan Kemitraan Baru
Realitas manajemen PPC e-niaga yang efektif adalah Anda tidak dapat mengaturnya dan melupakannya. Itu sama dengan membuang uang ke dalam sumur. Anda masih dapat memperoleh konversi, tetapi kinerja kampanye kemungkinan tidak akan tetap konsisten atau terus meningkat selama iklan berjalan. Manajemen PPC e-niaga yang efektif membutuhkan pengamatan dan pengoptimalan yang konstan untuk memaksimalkan pengeluaran. Jika Anda mengingat kampanye Anda, Anda juga tidak boleh lupa untuk mencapai tingkat konversi dan pendapatan yang ingin Anda capai.
There's a better way to do this. That's where SevenAtoms can help. We offer ecommerce PPC management as part of our marketing services. Our track record speaks for itself. Contact us today for a free consultation, and let's get your ecommerce PPC campaigns back on track.
Tanya Jawab
Why should my ecommerce company use PPC?
There are four key benefits to ecommerce PPC management strategies. PPC can:
- Increase website traffic
- Increase brand awareness
- Generate leads and sales
- Provide valuable consumer insight
What's the biggest mistake most ecommerce companies use on PPC?
The biggest mistake most ecommerce companies make on PPC ad campaigns is that they “set it and forget it.” The biggest benefit of PPC is that companies can improve the performance of these advertising campaigns in real time by actively evaluating and making changes to these programs to increase ROI.
What is the best PPC platform for ecommerce?
There are several PPC platforms depending on your products and services, budget, and customer preferences. Some of the most popular PPC platforms include:
- Iklan Google
- Iklan Bing
- Periklanan Amazon
- Iklan Facebook
